11.04.2009

Mengurus STNK yang Hilang


Setelah hampir 7 bulan lalu lalang melintasi rimba jalanan Jakarta tanpa STNK, tiba2 diam tercekat bahwa pajak motor sudah mau Jatuh Tempo dan buat bisa dibayar dibutuhkan STNK asli.. MySpace akhirnya cerita tentang petualangan untuk mendapatkan kembali STNK yang hilang bergulir.. (dasar malas, ini hilangnya sudah sejak April lalu, kenapa juga baru diurus sekarang!!!!!! untung bisa lepas dr jeratan razia lalu lintas wkwkwkwkwk)

Assalamualaikum kawan2.. apa kabar? dah tau caranya ngurus STNK yang hilang?? saya kemaren mengalami nih, STNK saya tu hilang April lalu, sebenarnya sudah pernah dl sempat diurus tapi karena banyak kendala misalnya: kerjaan kantor, urusan ujian, malas berurusan sama polisi, malas ngantri rame2nya juga, jadilah terhenti ditengah jalan, padahal saat itu surat keterangan hilang sudah dibuat dan cek fisiknya juga sudah selesai, lama-lama ujung2nya karena g diurus lagi surat keterangan hilangnya betulan jadi hilang. hahahahah... MySpace

Akhirnya bermodalkan niat tulus untuk berkendaraan aman nyaman bebas razia dan bayar pajak kendaraan tepat waktu, sambil bilang ke diri sendiri :'kalo ga dipaksa gini gak siap siap jadinya STNK ini' berangkatlah saya ke POLDA METRO di jalan Gatot Soebroto, Alhamdulillah lokasi TKP dekat dengan kantor, kepeleset juga sampai.. pagi2 jam 08.30 sudah sampai, dan berikut tahapan2 dalam pembuatan STNK dengan kondisi STNK hilang untuk diterbitkan kembali..(Tapi jangan lupa untuk lapor ke bagian SPK-Sentra Pelayanan Kepolisian untuk buat laporan atau keterangan kehilangan)

#tahapan pertama adalah pastikan kita membawa dokumen dokumen yang diperlukan yaitu BKPB, Potokopi STNK nya yang hilang itu (kalo gak ada ya cukup diwakilkan BPKB itu sebetulnya), KTP asli, poto kopi KTP, Surat keterangan Hilang dr bagian SPK dan duit kira2. dan untuk kasus STNK hilang maka kendaraan harus dihadirkan, prosesnya dilakukan sesuai dengan wilayah terdaftarnya kendaraan masing2, ada di POLDA Jaksel, Jakbar, Jakpus dll tergantung kode nopolnya, kalo saya B 6034 SPR itu masuk POLDA Jaksel. MySpace

#tahapan kedua, kendaraan dibawa masuk ke POLDA METRO di gatot Soebroto, masuknya dr gerbang samping yang dari arah jalan Gatot Soebroto yang kearah Semanggi, nanti ada pintu masuk samping lurus terus lalu putar balik dan jalan terus dikit langsung masuk dan bayar tiket masuknya Rp.1.000 dan kendaraan kita langsung dimasukkan ke antrian kendaraan cek fisik motor, dan langsung beli formulir cek fisik Rp.20.000 sambil menunjukkan BPKB dan Surat Keterangan Hilang dr SPK, lalu cek fisik dilakukan petugasnya, proses nya gak lama, yang lama itu antriannya. MySpace

#tahapan ketiga, setelah cek fisik maka kita mendaftarkan hasil cek fisik kita untuk divalidasi di loket yang ada persis didepan lokasi cek fisik, kasihkan aja formulir hasil cek fisiknya dan sama KTP asli, kemudian duduk tunggu ngantri dipanggil nama oleh petugasnya, makin pagi kita datang makin cepat selesai, karena g mesti rame lama ngantri. Setelah di validasi maka kita langsung bawa hasil validasinya ke kantor SAMSAT Jaksel buat proses selanjutnya.

#tahapan keempat, masuk ke kantor SAMSAT langsung ke bagian Tata Usaha, kl di loket SAMSAT Jaksel lokasi loketnya paling ujung loket paling kanan, disini kita diminta menghadap untuk membuat surat kehilangan STNK dari SAMSAT,MySpace beda dari yang SPK, setelah dibuatkan maka disahkan petugas diloket yang sama, kemudian setelah berkas itu dikasih balik kekita, maka langsung kita bawakan berkas2 itu ke atas dilantai 4, di loket khusus, untuk mendaftarkan surat keterangan hilang yang dibuatkan untuk kita itu, disini kita beli formulir pendaftarannya Rp.1000, kita isikan dengan lengkap lalu kita bawakan kembali ke bawah ke loket TU yang menerbitkan surat keterangan hilang. untuk dibuat Berita Acara kehilangan dan keterangan bahwa STNK kita tidak sedang masuk dalam barang yang dicari karena hendak akan diterbitkan yang baru lagi, disini jangan lupa siapkan BPKB yang asli untuk dilampirkan di berkas.

#tahapan kelima, naek ke lantai dua di loket BBN II, buat menyerahkan semua berkas itu, disini kita mendaftarkan semua berkas kita untuk pencatatan penerbitan kembali, disini biasanya para calo yang belum pengalaman sering kesandung, soalnya mesti bawa surat kuasa, dan petugasnya tegas2 disini, kemaren saya liat Pak Polisi yang melayani saya menolak sogokan Rp20rb dr calo yang g bawa surat kuasa.. (moga aja ini bukan karena ada saya disitu..hehhehe) disni semua berkas kita diverifikasi kalo lengkap nanti kita dikasih karcis buat ngambil STNK nya, dan ini satu hari kerja berikutnya.. dan sekaligus pembayaran pajak untuk perpanjangan STNK jika belum dibayar..

#tahapan keenam, setelah satu hari kerja setelah karcis diterima, maka kita melakukan pembayaran ke loket di IE di lantai 2, ada baiknya sebelum berangkat besoknya, kita langsung tanya berapa jumlah pajaknya, jadi pas datang besoknya sudah tinggal bayar saja langsung, setelah melakukan pembayaran maka nanti kita dikasih slip bukti pembayaran dan dibawa langsung ke loket penerbitan STNK, menunggu sekitar 30 menit kemudian nama kita dipanggil dan jadilah STNK nya. :D

Dan yang penting lagi adalah jangan pakai Calo, baik itu dr kalangan petugas atau dr orang lain, soalnya g ada jaminan bisa kelar, karena mereka sendiri g bs menjanjikan uang kembali 100% jika gagal. dan sekalian kita belajar tahapan2nya jadi tak ada salahnya dicoba sendiri.. MySpace

Wassalamualaikum

P.S:
----
gambar diambil dr http://www.beritajakarta.com/images/foto/bank_pospolisi.jpg

16 komentar:

  • uto says:
    4 November 2009 at 11:08

    hmmm kalo buat SIM kemaren pake calo ga?
    mo buat SIM tapi yg ga pake calo ada ga =))

  • Elsa says:
    4 November 2009 at 11:18

    ribet gak sih kalo ngurus sendiri gitu??
    aku sih gak pernah ngurus sendiri. yang ngurusin si sopir. hahahaha...makanya sampe sekarang buta banget urusan beginian. hhhm, harusnya bisa ngurus sendiri ya kaya erikson gini.

  • blog.ariv says:
    4 November 2009 at 12:36

    coba dari setahun kemaren nulis ginian bro ...
    udah setahun neh stnk si motor butut abis L(

  • bowo.calm says:
    4 November 2009 at 12:57

    wah..
    semoga aja STNK ku g ilang son, meskipun rada telat pajaknya, tp masih ada
    qqiqiqi

  • saadi says:
    4 November 2009 at 13:18

    Iya.. kejam tuh kalo pake perantara... tp ga pake perantara ga bisa... pengalamanku waktu bayar pajak mobil ga da KTP Asli (belum balik nama coy..) sama petugas ditolak mentah2 katanya harus ada KTP Asli (mau bayar aja kok susah ya.??? )trus ada calo nyamperin nolongin gw tp minta 800 rb dr pd ribet gw kasih, eh ntu calo ma petugas digampangin banget... nggak lama tau2 proses selesai. kulihat brp seh pajak sebenarnya.. cuma 400 rb... somprett !! bener2 mavia

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 15:28

    @uto: SIM kemaren dua kali aku tes selalu gagal di tes tertulis.. lama2 kesal aku pulang ke kampung bikin di sana, kasih duit 250rb jadilah SIM Salambim jadinya.. ;))

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 16:12

    @Elsa: ribet sebetulnya, malas juga heheh.. cuman drpada minta Calo, rugi uang rugi pengalaman rasanya jadi tak apalah biar tau heheh... :D:D:D:D:D

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 16:15

    @AN: wkwkkwkwkw.. buruan la tu oi nantik kena razia baru sibuk2 berurusan, kesian tu motor kau dudukin aja.. iya eh maunya dr taun lalu aja. hmmhh nyaris kehilangan komentator potensial neh hahaha :))

  • DUNIA POLAR says:
    4 November 2009 at 16:17

    waduh ribet banget yak, padahal besok aku juga mau ngurus stnk, jd bingung nih. keknya harus di tulis deh ini buat ptunjuk besok :D

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 16:25

    @bowo: wah.. sebaiknya buruan wo.. takutnya terjerat razia.. nantik g bs balik ke Depok wo.. terus SIMnya semakin banyak bolong2 nya bekas di steples hihihih

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 16:27

    @saadi: sedih baca kisahnya mas adi.. jd waktu itu senangnya bentar ya, pas tau pajaknya cuma 50%nya kekekkeke... pengalaman buat kita semua neh .. makanya aku sebisa mungkin menghindari calo dr awal.. da banyak cerita soalnya.. dah mas ikhlasin aja.. :D

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    4 November 2009 at 16:29

    @DP: wahhh silahkan broo... g ribet kok asal sabar aja hehehe

  • alle says:
    28 November 2009 at 22:23

    huhuhuhu STNK ku baru aja ilang nehhh......wa mau mencoba cara diatas doain berhasil yahh guysssss L(

  • Erikson Wijaya Bin Asli Aziz says:
    29 November 2009 at 13:34

    @alle: makasih banyak alle.. semoga berhasil.. sabar2 yah insyaALLAH cepet kok :D

  • Ardina says:
    3 June 2011 at 13:03

    mksh infonya...dmpet ane ilng pdhal da 2 stnk didlmnya..hufth

  • Erikson Bin Asli Aziz says:
    3 June 2011 at 15:51

    @Ardina: sipp.. udah lama juga ya itu aku ngurusnya..

Post a Comment

Jangan ragu untuk komentar.. :) Dan untuk menjaga komentar spam, mohon isi dulu kode verifikasi nya.. Trims.